Leaflet pemberian diet tbc

Tentunya, sel-sel dalam tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk melawan infeksi.

Pada pasien anak yang tidak menimbulkan gejala, TBC dapat terdeteksi kalau diketahui adanya kontak dengan pasien TBC dewasa. Klien dengan ketergantuangan alkhohol dan kimia lain yang menimbulkan penurunan status kesehatan. Hal ini selain terjadi langsung pada organ tersebut juga bisa penyebaran dari tuberculosa paru-paru.

Leaflet pemberian diet tbc TBC Harus dilakukan pemeriksaan dahak dengan miskroskop. Energi 2.

Mengenal 10 Penyakit Mematikan. Terdapat rasa sakit pada dada atau punggung atas. Maka dari itu akan sangat penting bilamana penderita secara rutin mengkonsumsi makanan bergizi, makanan bergizi tersebut seperti buah, sayur dan ikan laut.

Beberapa kebiasaan yang harus Anda kurangi atau hindari saat menderita TBC adalah: Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru dibandingkan bagian lain tubuh manusia.

Berolahraga secara rutin Mungkin hampir semua penyakit dapat ditangani dengan melakukan olahraga secara rutin, dan begitu juga untuk penyakit TBC ini. Walaupun pada umumnya penderita TBC mengalami penurunan nafsu makan, mual, dan muntah karena pengaruh obat-obatan yang dikonsumsinya, tapi konsumsi makanan yang cukup juga menjadi salah satu syarat kesembuhan pasien TBC.

Jumlah penderita TBC paru dari tahun ke tahun di Indonesia terus meningkat. Bahkan setiap empat menit sekali satu orang meninggal akibat TBC di Indonesia. Semua sumber protein diperbolehkan seperti telur, ayam, daging ikan susu, tempe, tahu, kacang-kacangan, dsb.

Minyak goreng, mentega, margarin, santan encer diperbolehkan, namun penggunaannya perlu dibatasi. Bumbu yang tajam seperti cabe dan merica sebaiknya dibatasi h. Penyakit Menular di Indonesia.

Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul. Pemenuhan nutrisi untuk pasien TBC bertujuan untuk menjaga berat badan dan juga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh penderita.

Droplet yang mengandung kuman tersebut dapat bertahan di udara dalam suhu kamar selama beberapa jam. Sebisa mungkin, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans dari gorengan atau fast food. Apakah TBC itu? Membiarkan jendela terbuka agar sinar matahari dapat masuk.

Kontrol pasien dengan deteksi dini penting untuk kesuksesan aplikasi modern kemoterapi spesifik, walau terasa berat baik dari finansial, materi maupun tenaga. Sumber protein nabati Sama seperti sumber protein hewani, sumber protein nabati juga diperlukan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengurangi makanan bernatrium dan kafein Penyakit TBC akan semakin parah apabila penderita masih secara rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung natrium dan kafein, makanan yang banyak mengandung natrium antara lain seperti junkfood, kerang, saus instan, alkohol dan masih banyak lagi, sedangkan untuk makanan yang banyak mengandung kafein seperti kopi, capuccino, moccaino, rokok dan teh tidak untuk teh hijau.

Bayi dan anak di bawah 5 tahun. Laban, Yoannes Y. Ya, vitamin dan mineral, terutama yang kaya akan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin Cmampu membantu tubuh Anda dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Evaluasi proses: Widiyanto, Sentot.

Saat memilih daging atau susu, sebaiknya pilih daging yang tidak berlemak dan susu yang rendah lemak. Rokok dapat memperburuk kondisi paru-paru Anda.

Apa yang harus saya hindari saat menderita TBC?

Leaflet Tbc

Buah-buahan Tidak lupa adalah buah-buahan. Energi yang didapat dari makanan tersebut digunakan sebagai bahan bakar sel-sel dalam tubuh untuk melakukan tugasnya. Makanan selingan bisa berupa roti, susu, buah, salad sayur, dan makanan sehat lainnya cukup dalam porsi kecil.

Melalui aliran darah inilah bakteri TBC menyebar ke berbagai organ tubuh. Produksi sel darah merah juga dapat turun apabila sumsum tulang tertekan oleh tumor atau obat atau rangsangan yang tidak memadai karena kekurangan eritropoetin, seperti yang terjadi pada penyakit ginjal kronis.

Pengurangan hebat jumlah sel darah merah dalam waktu beberapa bulan memungkinkan mekanisme kompensasi tubuh bekerja melalui cara-cara sebagai berikut:Kajian Pemberian Leaflet dan Reminder pada Pasien Hipertensi di Instalasi Rawat Jalan RSUD A.

W Sjahranie Samarinda Periode Desember – Februari  · Pemberian makan sehari sama dengan diet rendah garam I, dalam pemasakan dibolehkan menggunakan ¼ sendok teh garam dapur.

Makanan ini diberikan kepada penderita dengan hipertensi sedang (diastole– mmHg). Jikalau ada artikel yang tidak sesuai mohon untuk memberikan kritik dan saran, dan apabila ada penulis asli yang ingin artikelnya diklaim atau tidak dipublikasikan di blog.

Salah satu penyabab munculnya penyakit TBC adalah kekurangan gizi seperti mineral dan vitamin.

Diet pada penderita TBC (Tubercolosis)

Maka dari itu akan sangat penting bilamana penderita secara rutin mengkonsumsi makanan bergizi, makanan bergizi tersebut seperti buah, sayur dan ikan laut.

Akan tetapi hindari buah yang banyak mengandung lemak jahat atau gas seperti buah nangka, buah durian, dondong dan buah nanas. Leaflet Imunisasi Oleh: Niken Jayanthi I. Pengertian Imunisasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan pada bayi dan anak terhadap suatu antigen.

Leaflet TBC

II. Tujuan Imunisasi 1. Mencegah terjadinya penyakit infeksi seperti TBC, Difteri, batuk rejan, polio, campak dan hepatitis 2.

Diet yang Tepat untuk Mengobati Tuberkulosis (TBC)

Apabila terjadi penyakit tidak akan terlalu parah dan dapat. Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit lama, namun sampai saat ini masih belum bisa dimusnahkan. Jika dilihat secara global, TBC membunuh 2 juta penduduk dunia setiap tahunnya, dimana angka ini melebihi penyakit infeksi lainnya.

Leaflet pemberian diet tbc
Rated 0/5 based on 32 review